Friday, February 12, 2010

Menghilangkan Kutu pada Kucing

Menghilangkan Kutu pada Kucing
Ada banyak cara untuk membasmi kutu di badan kucing. Pastinya semua obat ini adalah obat topikal, yaitu obat yang dipakai diluar tubuh bukan obat minum walaupun ada diantaranya adalah obat oral. Contoh obat ini adalah:


1. OBAT TETES

Obat tetes kutu dijual bebas di petshop di kota anda. Obat tetes ini dipakai di leher belakang kucing. Ada banyak jenis dan merk obat tetes di Indonesia, diantaranya adalah Frontline Plus, Frontline Top Spot, Revolution, dsbnya.


2. SPRAY ANTI KUTU

Spray anti kutu bisa didapat di petshop-petshop besar dengan harga lumayan menengah keatas. Obat ini berada dalam botol spray semprot dan harus digunakan penuh perhatian. Maksud obat semprot bukan berarti kucing sampai basah kuyup atau lepek disemprot, itu sangat berbahaya. Baca aturan pakai dan cara menyemprot pada kemasan. Jangan menyemprot langsung ke wajah, mata, kemaluan, dan mulut kucing.


3. OBAT RENDAM

Say NO to AMITRAZ!! Amitraz adalah obat mematikan untuk kucing. Sudah banyak kucing yang kurang dari 8 jam langsung mati karena pestisida untuk anjing dan babi ini. Ingat, apa yang bisa buat anjing bukan berarti bisa juga buat kucing, KUCING BUKAN ANJING KECIL dan ANJING KECIL BUKAN KUCING! My god!! Selalu bilas dan bilas bila memakai obat rendam walau di kemasan mengatakan jangan dibilas. Jangan sampai terkena mata dan masuk kedalam saluran telinga. Pastikan dikamar mandi ada kipas ventilasi kalau mau merendamnya di kamar mandi. Baca aturan pakai pada kemasan. Bila aturan pakai tersebut hanya dijelaskan sama pelayan toko petshop, lebih baik anda balik ke rumah atau ke warnet dan cari data terhadap produk yang ditunjukkan pelayan toko tadi. Trust me jangan menelan bulat-bulat nasihat mereka, kunyah dulu dengan cara mencari data akurat.


4. SHAMPOO

Shampoo kutu untuk kucing adalah Machiko (dibeli di petshop besar/klinik dokter hewan), PPP (Professional Pet Product), Hartz, dan merk lainnya yang aman untuk kucing. Baca aturan dan peringatan pakai dengan disiplin. Biarkan shampoo yang berbusa di badan kucing selama kurang lebih 10-15 menit. Jangan sampai kucing kedinginan dan terkena frostbite. Pakailah shampoo kucing yang mengandung pyrethrin.


5. KALUNG ANTI-KUTU

Kalung anti kutu ada di petshop mana-mana. Lagi, jangan membeli kalung anti kutu yang mengandung Amitraz, permethrin, atau organophospate. Pemakaian kalung anti-kutu ini jangan sampai mencekik leher kucing. Sisakan setidaknya ruang dimana anda bisa memasukkan 2 jari anda antara leher kucing dengan kalung. Karena banyak kekurangannya seperti kalung akan menjadi tidak berguna apabila basah, rusak, dan sebagainya, gunakan cara lain yang lebih efektif seperti memandikannya, memberikan obat tetes, atau memakaikan bedak.


6. BEDAK (POWDER)

Bedak yang khusus untuk membasmi kutu kucing. Tersedia di semua petshop yang menjual keperluan kucing dengan harga beragam. Pengalaman saya memberikan kucing dengan bedak bergambar anjing tapi mbak petshop bilang boleh buat kucing, kucing saya ternyata mengeluarkan air liur berlebihan.


7. SISIR KUTU

Sisir kutu atau kata orang Jakarta sisir serit, adalah sisir rapat terbuat dari besi atau bahan kokoh yang khusus untuk mencari kutu dewasa. Sisir kutu ini dijual bebas di pesthop dengan harga dimulai dari 20.000 hingga 1 juta Rupiah, hah, ada berliannya kali ya? Sisir kutu adalah cara teraman dalam membunuh kutu. Kekurangannya hanya satu, lama, cara ini adalah cara jaman dulu yaitu mencarinya satu-satu. Jangan sekali-kali membunuh kutu dengan menekannya langsung di kuku anda, gunakan kertas yang dilipat kemudian taruh kutu didalam lipatan dan barulah anda tekan dengan kuku diluar kertas. Atau dengan menaruh kutu kedalam cairan detergen. Kucing yang punya penyakit Flea Bite Hypersensitivity tidak efektif pengobatannya memakai cara ini.

1 comment:

Nggoleki ?

My Hearth

My Hearth
Moch. Arvin Shafa